Gerakan Tai Chi Efektif Turunkan Kadar Gula Darah

Kadar gula darah yang tinggi, terutama pada penyandang diabetes dapat menyebabkan terjadinya komplikasi pada pembuluh darah kecil dan pembuluh darah besar. Sehingga, dapat mengakibatkan kerusakan yang berat pada mata, ginjal, syaraf, dan jantung serta pembuluh darah besar. Bahkan, kadar gula darah tinggi terus-menerus untuk waktu yang lama dapat mengakibatkan hilangnya kesadaran atau yang disebut sebagai koma diabetik. Keadaan ini dapat membahayakan jiwa. Karena itu, sangat penting untuk melakukan usaha pengendalian kadar gula darah. Menurut studi terbaru, tai chi yang dilakukan secara teratur dapat menjadi cara menurunkan kadar gula darah yang bagus bagi penyandang diabetes.

Studi yang dilakukan oleh University of Florida meneliti orang dewasa yang didiagnosis menyandang diabetes tipe 2, mereka yang ikut dalam program latihan tai chi dua kali seminggu dan tiga hari lainnya melakukan praktek sendiri di rumah selama enam bulan secara signifikan berhasil menurunkan kadar glukosa darah puasa mereka. Itu berarti mereka dapat meningkatkan kontrol terhadap penyakit mereka sendiri. Bahkan kualitas hidup mereka secara keseluruhan juga meningkat, termasuk kesehatan mental, vitalitas, dan energi.

Tai Chi Chuan (Taijiquan) atau yang lebih dikenal sebagai tai chi adalah seni bela diri Cina Kuno yang menggabungkan pernapasan dalam dan relaksasi dengan gerakan lambat yang melingkar lembut. Latihan ini menerapkan pergeseran posisi tubuh dan langkah dengan koordinasi gerakan lengan. “Tai chi benar-benar memiliki efek yang sama seperti latihan aerobik pada pengendalian diabetes. Bedanya, tai chi merupakan latihan yang memiliki risiko lebih rendah yang berarti memberikan tekanan yang lebih rendah pula pada tulang, sendi dan otot,” kata Beverly Roberts, Ph.D, RN, profesor di UF College of Nursing. Dengan rendahnya tekanan, tai chi dapat membantu mengurangi stress yang merupakan salah satu penyebab tingginya kadar gula darah. Selain sebagai cara menurunkan kadar gula darah, tai chi juga sangat baik untuk meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas tubuh.

Ada ratusan gaya tai chi, tetapi masing-masing memiliki fokus khusus, yaitu kesehatan atau bela diri. Keenam gaya yang paling populer adalah Chen, Yang, Wu, Sun dan Wu-Hao, dan gaya Fa.  Seni tai chi dikatakan bekerja dengan meningkatkan aliran Chi (Qi ), yaitu konsep tradisional Cina tentang energi fisik yang tak berwujud atau kekuatan hidup. Untuk memahami sifat tai chi, Anda setidaknya harus mempelajari budaya Cina, termasuk tentang Taoisme. Taoisme adalah aliran orang-orang yang menyelaraskan diri dengan alam, bukan hanya alam di sekitarnya, tapi juga alam dalam dirinya sendiri. Menarik bukan?

Untuk mulai mempelajari dan berlatih tai chi, paling baik adalah dengan mengikuti kelas yang dibimbing oleh instruktur berpengalaman. Anda mungkin bisa belajar dari buku atau video, tapi Anda tidak akan mendapatkan koreksi atas gerakan yang keliru, menurut seorang master tai chi terkenal, Chen Fake.

 

Sumber:
Hidup Secara Mandiri dengan Diabetes Melitus Kencing Manis Sakit Gula. Prof. DR. Sidartawan Soegondo, dr.SpPD, K-EMD, F.A.C.E. dan Kartini Sukarji, MCH. Hal. 16
http://articles.timesofindia.indiatimes.com/2009-10-02/health/28074381_1_tai-chi-exercise-program-glucose-levels
http://www.sharecare.com/health/type-2-diabetes/health-guide/living-younger-with-diabetes/best-exercise-for-diabetes-4
http://www.wikihow.com/Learn-Tai-Chi